A Pilgrim-Missionary Church

Refleksi Eklesiologis Peziarahan Umat Katolik Di Jali-Gayamharjo, Yogyakarta

Authors

  • Alb. Irawan Dwiatmaja Penyuluh Agama Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan Sumatera Utara

Keywords:

Peziarahan, misioner, Gereja Gayamharjo, Eklesiologis, Bergerak keluar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat analisis dan sintesis awal kehidupan Gereja di masa lalu yang berpangkal pada kisah para tokoh awal jemaat di daerah Jali, Gayamharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif dilakukan dengan keadaaan tertentu bertujuan untuk menginvestigasi dan mengkonstruksi imajinasi historis untuk memperoleh serta memahami wajah Gereja (tidak hanya sebagai isntitusi), melainkan seluruh dinamika gerak iman umat yang mengakar dan tumbuh secara organis.Setelah melakukan observasi lapangan dan membuat analisis eklesiologis mengenai jejak peziarahan iman dan dinamika hidup menggereja umat Katolik di Jali-Gayamharjo, penulis merumuskan tesis teologis demikian: dalam peziarahan mengikuti Yesus Kristus, Gereja Gayamharjo menghidupi semangat misionernya dengan setia, melalui keterlibatan kreatif dalam hidup menggereja dan memasyarakat. Gereja Gayamharjo lahir karena kerinduan umat yang dengan setia berziarah mengikuti Yesus. Dalam jalan kemuridan itu, Gereja Gayamharjo masih senantiasa berziarah dengan semangat misionernya, melalui keterlibatan nyata secara kreatif dalam hidup menggereja dan memasyarakat.

References

Chia, Edmund. 2003. “Thirty Years of FABC: History, Foundation, Context and Theology” dalam FABC Papers No. 106.

Dokumen Konsili Vatikan II. 1993. Diterjemahkan oleh R. Hardawiryana. Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan KWI–Obor.

Paus Fransiskus. 2013. Evangelii Gaudium (Sukacita Injil): Seruan Apostolik Paus Fransiskus 24 November 2013.

Paus Fransiskus. 2013. “A Church that Accompanies Man on the Journey Home,” dalam L’Osservatore Romano, edisi Bahasa Inggris, 31 Januari 2023.

Paus Yohanes Paulus II. 2000. Church in Asia (Gereja di Asia): Anjuran Apostolik Pasca Sinodal. New Delhi, 6/11/1999. Diterjemahkan oleh R. Hardawijana. Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan KWI.

Kleden, Paul Budi. “Pembelajaran Solidaritas Lewat Ziarah,” BASIS, No. 09-10, Tahun ke-56, September-Oktober 2007.

Laksana, Bagus. 2014. Muslim and Catholic Pilgrimage Practices: Explorations through Java. Burlington: Ashgate.

Mulder, Niels. 1983. Kebatinan dan Hidup Sehari-Hari Orang Jawa: Kelangsungan dan Perubahan Kultural. Jakarta: PT Gramedia.

Müller, Sabrina. 2022. Ecclesiology in Ecclesial Movements such as Fresh Expressions of Church, dalam Pete Ward dan Knut Tveitereid (ed.), The Wiley Blackwell Companion to Theology and Qualitative Research. United Kingdom: Wiley Blackwell.

Phan, Peter. 2002. The Asian Synod. New York: Orbis.

Phan, Peter. 2003. In Our Own Tongues: Perspectives from Asia on Mission and Inculturation. New York: Orbis.

Phan, Peter. 2004. “Cultures, Religions, And Power: Proclaiming Christ In The United States Today,” dalam Theological Studies No.65.

Sunarko, A. 2016. “Gereja Sebagai Persekutuan dan Gerakan Umat Allah”, Pokok-Pokok Gagasan ARDAS KAJ 2016-2020. Jakarta: Dewan Karya Pastoral.

Susanto, Heru. 2017. Sejarah Umat Katolik Jali-Gayamharjo. Ditulis ulang seperlunya dari catatan dan tulisan Bpk. Ag. Soenarto dalam buku “50 Tahun, Pastor A. Soenarjo, SJ menjadi warga SJ (7 September 1937 – 1987) dan buku “Gereja Marganingsih – Jali”. (stensilan).

Tan, Jonathan. 2002. “The Ressponses of the Indonesian and Japanese Bishops to the Lineamenta,” dalam Peter Phan, The Asian Synod. New York: Orbis.

Thoppil, James. 2005. Towards An Asian Ecclesiology. New York: Oriens Publication.

Widiastono, Tonny, Jagoan Gunung Mintorogo. Jakarta, Panitia Buku Peringatan Yubileum Mgr.Leo Soekoto SJ - KAJ, 1995.

Published

03-04-2023

How to Cite

Dwiatmaja, A. I. (2023). A Pilgrim-Missionary Church: Refleksi Eklesiologis Peziarahan Umat Katolik Di Jali-Gayamharjo, Yogyakarta. Jurnal Masalah Pastoral, 11(1), 1–14. Retrieved from https://jumpa.stkyakobus.ac.id/index.php/jumpa/article/view/34